Monday, December 8, 2014

     1. Pengertian Home Automation System
Home Automation system Merupakan Sistem otomatisasi rumah yang membuat rumah anda lebih hemat dari penggunaan energi listrik, memberikan anda kemudahan untuk meng-ON/OFF-kan berbagai peralatan seperti Lampu listrik, AC, Kipas Angin, TV, Pompa Air, Motor Pagar, Motor Garasi, Motor Gorden, dll. Sistem control dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti : Program berbasis Waktu, sensor, Remote kontrol, dll. Home automation dapat memberikan anda kemudahan, kenyamanan, keamanan, penghematan, serta kebanggaan atas kecanggihan teknologi.
Contoh aplikasi Home Automation
Pada sistem penerangan,
Home Automation dapat menghidupkan / mematikan lampu-lampu secara otomatis. Otomatisasi lampu berguna agar kita terhindar dari pekerjaan rutin (berulang-ulang) seperti menyalakan lampu-lampu di waktu di sore hari dan mematikannya keesokan pagi-nya. Selain itu otomatisasi lampu ini berguna untuk menghemat penggunaan listrik , hanya ketika perlu saja kita menggunakannya.
Contoh otomatisasi lampu misalnya pada pemakaian kamar mandi (biasanya di malam hari atau jika kamar mandi ada di bagian ruangan yang gelap), lampu kamar mandi hanya akan menyala hanya pada saat digunakan saja, begitu kita keluar dari kamar mandi, lampu otomatis dimatikan.

Peralatan yang dibutuhkan
Untuk menerapkan Home Automation beberapa peralatan yang diperlukan antara lain:
§  PLC, untuk menekan biaya anda cukup menggunakan PLC yang tipe micro sehingga harganya lebih murah.
§  Sensor, sensor yang dibutuhkan antara lain sensor gerak, sensor cahaya, sensor kelembaban dll.
§  Touchscreen, alat ini dibutuhkan jika anda ingin memonitor serta mengontrol semua peralatan dari satu tempat.
Peralatan elektronik pendukung lainnya

1 comment:

IBX5A491A1A91974

Join Blog

Categories

Statistik

Psy - Gangnam Style

Popular Posts